Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Objek Langsung dan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Wardani, Ratih Sri (2013) Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Objek Langsung dan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RATIH_SRI_WARDANI_96488_5486_2013.pdf] Text
final_B1_1_RATIH_SRI_WARDANI_96488_5486_2013.pdf

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi dengan penggunaan media objek langsung siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman dilihat dari segi citraan, majas, dan amanat, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi dengan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman dilihat dari segi citraan, majas, dan amanat, dan (3) menganalisis perbandingan efektivitas penggunaan media objek langsung dan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman dilihat dari indikator majas, citraan, dan amanat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 160 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas VII1 (20 0rang) dan kelas VII4 (21 orang), diambil dengan teknik purposive. Data penelitian ini adalah skor dan nilai pretest-posttest menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman, menggunakan media objek langsung dan media gambar. Data dianalis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan media objek langsung dan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja yaitu tes menulis puisi menggunakan media objek langsung dan media gambar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama, penggunaan media objek langsung (pretest-posttest) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa, hal ini dibuktikan dengan thit (6,71) yang diperoleh besar dari ttab (2,68). Kedua, penggunaan media gambar (pretest-posttest) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa, hal ini dibuktikan dengan thit (6,11) yang diperoleh besar dari ttab (2,68). Ketiga, penggunaan media objek langsung lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman, hal ini dibuktikan dengan uji-t keterampilan menulis puisi menggunakan media objek langsung lebih tinggi dibandingkan dengan media gambar (6,71 besar dari 6,11)

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis puisi, media objek langsung, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:03
Last Modified: 21 Dec 2025 18:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33121

Actions (login required)

View Item
View Item