Sofyandi, Edi (2009) Implementasi Kerikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pembelajaran Membaca Kelas X di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_EDI_SYOFYANDI_81041_4986_2012.pdf
Download (111kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi KTSP dalam pembelajaran membaca di kelas X SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Hal tersebut dapat diketahui dengan mendiskripsikan proses pembelajaran yang dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan pengkajian dokumen. Informan dalam penelitian terdiri atas 3 orang guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X sebagai informan kunci, kepala sekolah, wakil kepsek, Kaur TU dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam persiapan pembelajaran guru membuat silabus, RPP, dan bahan ajar sudah sesuai dengan indikator KTSP. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru telah menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan, sudah sesuai dengan indikator KTSP. Media yang digunakan adalah media cetak dan audio visual. Penilaian yang dilakukan adalah bentuk pilihan ganda, uraian bebas, dan jawaban singkat, Acuan penilaian yang digunakan acuan kriteria dengan penetapan KKM bahasa Indonesia dan fokus penilaian adalah pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan analisis data peneliti menyimpulkan Implementasi KTSP dalam pembelajaran membaca kelas X di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir belum terlaksana secara optimal.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mmbaca, Pembelajaran Membaca |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 21:19 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 07:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33100 |
