Pratiwi, Ratih Prima (2015) Pengaruh Penerapan Soal Open Ended terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP NEGERI 26 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RATIH_PRIMA_PRATIWI_86120_3878_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Pemahaman konsep tersebut harusnya dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Namun, pembelajaran matematika yang terjadi di kelas VII SMPN 26 Padang tahun pelajaran 2014/2015 belum melibatkan siswa secara optimal dalam proses penemuan konsep, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman konsep matematis siswa. Penerapan soal open ended sesuai dengan hal tersebut, karena penerapan soal open ended memberikan masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal atau dapat diselesaikan dengan berbagai cara oleh siswa. Pembelajaran dengan penerapan soal open ended merupakan pembelajaran yang memberikan keleluasaan berpikir secara aktif dan mampu mengundang siswa untuk menjawab permasalahan melalui berbagai strategi sehingga memacu perkembangan kemampuan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan penerapan soal open ended, dengan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 26 Padang dalam pembelajaran matematika Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Only Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematika. Data tes kemampuan pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan penerapan soal open ended lebih baik daripada yang tidak belajar menggunakan soal open ended pada pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 26 Padang dengan taraf nyata α = 0,05
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan soal open ened, konsep matematis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:20 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 00:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33092 |
