Dardanela, Dardanela (2014) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis di Kelas XI IPS 6 SMAN 1 Batang Anai melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Head Together. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_DARDANELA_1209429_5137_2014.pdf
Download (415kB)
Abstract
Pembelajaran matematika selama ini cenderung berlangsung mekanik. Guru langsung mengajarkan algoritma pada siswa, memberikan contoh soal dan meminta siswa menyelesaikan soal-soal yang mirip dengan yang diberikan guru. Kondisi ini menyebabkan siswa hanya mengetahui cara menyelesaikan soal tanpa memehami konsep matematika yang dipelajari. Selama proses pembelajaran siswa cenderung pasif dan pembelajaran terpusat pada guru, sehingga aktivitas dan kemampuan komunikasi siswa rendah. Aktivitas siswa yang masih rendah mengakibatkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang potensial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas XI IPS 6 SMAN 1 batang Anai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 6 SMAN 1 Batang Anai yang berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, kuis, tes kemampuan komunikasi matematis, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan data penelitian pada siklus I dan II menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dari 37,5 % pada siklus pertama menjadi 65,62 % pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan komunikasi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Teknologi pendidikan |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 20:11 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 20:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33088 |
