Pengembangan Modul Bergambar Disertai Permainan Jigsaw Puzzle pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMP Kelas VIII

Ceria, Citra (2013) Pengembangan Modul Bergambar Disertai Permainan Jigsaw Puzzle pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMP Kelas VIII. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_CITRA_CERIA_11149_6651_2013.pdf] Text
final_3_CITRA_CERIA_11149_6651_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kenyataan di lapangan kurangnya minat baca siswa terhadap buku teks pelajaran. Sehingga, berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa.Pengembangan modul bergambar merupakan suatu pembaruan terhadap proses pembelajaran biologi. Disamping itu, permainan merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses belajar. Kemampuan kognitif dan psikomotorik yang terdapat dalam modul bisa mengaktifkan kerja otak kiri sekaligus otak kanan siswa. Dimana, kemampuan kognitif berupa materi bergambar dan kemampuan psikomotorik berupa permainan jigsaw puzzle. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul bergambar disertai permainan jigsaw puzzle pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas modul bergambar disertai permainan jigsaw puzzle yang dihasilkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model four-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope), dan penyebaran (disseminate), namun tahap penyebaran tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis konsep. Pada tahap design dilakukan perancangan modul bergambar disertai permainan jigsaw puzzle. Pada tahap develope dilakukan validasi oleh dosen dan guru, uji praktikalitas oleh guru dan siswa, dan uji efektivitas modul bergambar disertai permainan jigsaw puzzle pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 6 Padang. Hasil penelitian menunjukkan modul bergambar disertai permainan jigsaw puzzle sudah valid, praktis dan efektif. Rata-rata validitas modul (3,35), persentase uji praktikalitas modul oleh guru (89,72 %), persentase uji praktikalitas modul oleh siswa (91,16 %), dan efektivitas modul dapat dilihat dari motivasi, aktifitas belajar serta hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan modul bergambar disertai permainan jigsaw puzzle pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan,Teknologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 01:17
Last Modified: 21 Dec 2025 01:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33083

Actions (login required)

View Item
View Item