Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar tematik terpadu menggunakan model Direct Instruction di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 12 Padanglua Kabupaten Agam.

Efnorita, Efnorita (2017) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar tematik terpadu menggunakan model Direct Instruction di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 12 Padanglua Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_EFNORITA_15124019_3497_2017.pdf] Text
B1_01_EFNORITA_15124019_3497_2017.pdf

Download (831kB)

Abstract

ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang masih belum seperti diharapkan. Kondisi ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu pendidik masih sering memberikan pembelajaran Teacher Centre sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian adalah untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Direct Instruction di kelas I SDN 12 Padanglua Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses pembelajaran dan hasil tindakan. Subjek penelitian adalah pendidik kelas1 (observer), peneliti (praktisi), dan peserta didik kelas I SDN 12 Padanglua Kabupaten Agam yang berjumlah 30 Orang. Hasil penelitian aktivitas peserta didik siklus I adalah 76 (baik) dan siklus II adalah 89 (sangat baik). Hasil belajar peserta didik siklus 1 rata-rata B.Indonesia 71, PKn 75 dan SBdP 73, rata-rata ketiga mata pelajaran adalah 73 (cukup), pada siklus II rata-rata B Indonesia 87, PKn 89 dan SBdP 87, rata-rata ketiga mata pelajaran adalah 87,6 (sangat baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Direct Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas I SD N 12 Padanglua Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Direct Instruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2025 04:05
Last Modified: 07 Mar 2025 04:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item
View Item