Kontribusi Motivasi Belajar dan Pengetahuan Struktur Berita terhadap Kemampuanan Menulis Berita Siswa Kelas VIII MTsN Kamang

Yuniarti, Lisa (2012) Kontribusi Motivasi Belajar dan Pengetahuan Struktur Berita terhadap Kemampuanan Menulis Berita Siswa Kelas VIII MTsN Kamang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_LISA_YUNIARTI_1204024_2395_2015.pdf] Text
final_2_LISA_YUNIARTI_1204024_2395_2015.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada siswa kelas VIII MTsN Kamang. Kemampuan menulis berita dipilih dalam penelitian ini disebabkan oleh rendahnya nilai rata-rata kemampuan menulis berita yang diperoleh siswa, yaitu 73 (berada dibawah KKM). Rendahnya nilai tersebut diduga berkaitan dengan motivasi belajar dan pengetahuan struktur berita yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan pengetahuan struktur berita terhadap kemampuan menulis berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Kamang yang berjumlah 120 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yang menghasilkan sampel penelitian sebanyak 35 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berbentuk angket, tes objektif, dan tes unjuk kerja. Selanjutnya, data diolah dengan menggunakan rumus product moment, korelasi ganda, uji F, dan uji regresi ganda untuk mengetahui besarnya kontribusi antarvariabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap kemampuan menulis berita sebesar 6,10%; (2) terdapat kontribusi pengetahuan struktur berita terhadap kemampuan menulis berita sebesar 16%; (3) terdapat kontribusi motivasi belajar dan pengetahuan struktur berita terhadap kemampuan menulis berita sebesar 22,10%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pengetahuan struktur berita memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis berita siswa kelas VIII MTsN Kamang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Motivasi Belajar, Pengetahuan Struktur Dan Menulis Berita
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 20 Dec 2025 14:23
Last Modified: 20 Dec 2025 14:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33049

Actions (login required)

View Item
View Item