Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris Siswa Kelas X-3 SMAN Agam Cendekia dengan Penggunaan Media Film

Marni, Silvia (2010) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris Siswa Kelas X-3 SMAN Agam Cendekia dengan Penggunaan Media Film. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_SILVIA_MARNI_10838_5073_2012.pdf] Text
final_2_SILVIA_MARNI_10838_5073_2012.pdf - Published Version

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya keterampilan siswa untuk mengungkapkan ide secara tertulis dalam bentuk paragraf narasi ekspositoris. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga pembelajaran menulis narasi ekspositoris belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X-3 SMAN Agam Cendekia dengan penggunaan media film dan faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMAN Agam Cendekia yang berjumlah 24 orang. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada hasil kemampuan menulis yang lebih rendah dibanding kelas lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dimulai pada bulan April sampai dengan Mei 2010. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi dengan satu orang guru bahasa Indonesia. Data penelitian ini diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan kuesioner. Data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja siswa dan observasi aktivitas siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil tes siklus I dengan rata-rata kelas 78,75 dan siklus II dengan rata-rata kelas 80,20. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media film dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X-3 SMAN Agam Cendekia, (2) ada beberapa faktor yang memengaruhi proses peningkatan tersebut, di antaranya (a) tindakan guru dalam proses pembelajaran, (b) metode pembelajaran yang bervariasi, (c) komunikasi yang dijalin antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru, (d) kondisi pembelajaran yang diciptakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 20 Dec 2025 14:08
Last Modified: 20 Dec 2025 14:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33041

Actions (login required)

View Item
View Item