Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas XTKJ SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Budimansyah, B (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas XTKJ SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_BUDIMANSYAH_19626_6131_2012.pdf] Text
final_3_BUDIMANSYAH_19626_6131_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar matematika di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru belum memuaskan. Dari pengalaman peneliti selama ini, siswa selalu mengalami kesulitan dalam memahami pokok bahasan sistem persamaan linier. Hal ini disebabkan oleh kurangtepatnya model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam pokok bahasan sistem persamaan linier. Rumusan masalah penelitian ini adalah sejauhmana model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas XTKJ SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XTKJ SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dengan jumlah siswa 39 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi sistem persamaan linier dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XTKJ SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II yaitu pada indikator aktivitas memperhatikan uraian materi oleh guru, berinteraksi dengan teman dalam diskusi kelompok dan mencatat hasil diskusi kelompok mencapai kategori baik sekali. Aktivitas memberi bantuan kepada teman yang mengalami kesulitan mencapai kategori baik. Aktivitas mengajukan pertanyaan kepada guru/ teman dan memberi jawaban atas pertanyaan guru dan teman juga sudah mencapai kategori yang diharapkan yakni cukup. Persentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM 87,18% di akhir siklus II.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Pendiidkan, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 19 Dec 2025 07:15
Last Modified: 19 Dec 2025 07:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33032

Actions (login required)

View Item
View Item