Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Fiksi Siswa Kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungayang Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw

Yusrizal, Yusrizal (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Fiksi Siswa Kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungayang Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YUSRIZAL_19221_6061_2012.pdf] Text
final_2_YUSRIZAL_19221_6061_2012.pdf - Published Version

Download (177kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman teks fiksi. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga pembelajaran membaca pemahaman teks fiksi belum berjalan sebagai mana yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan proses peningkatan keterampilan siswa membaca pemahaman teks fiksi menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw . Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, 6 kali pertemuan tatap muka pada semester genap tahun pelajaran 2011-2012 di MTsN Sungayang dengan Standar Kompetensi (SK) membaca memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 22 orang, dengan rincian 5 siswa laki-laki 17 siswa perempuan. Jenis jenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan dalam penelitian ini, yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Perencanaan meliputi langkah-langkah rencana dan persiapan yang dilakukan peneliti sebelum penelitian dilaksanakan seperti menyusun RPP, menyiapkan bahan ajar, media pembelajaran dan penilaian. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pembelajaran membaca pemahaman teks fiksi menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Data penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas siswa dan guru, catatan lapangan peneliti dan angket untuk siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran membaca pemahaman teks fiksi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam membaca pemahaman. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil tes siklus I dengan rata-rata 68,40 dan siklus II dengan nilai rata-rata 78,90. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan model kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran membaca pemahaman teks fiksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.C MTsN Sungayang, (2) ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses peningkatan tersebut, diantaranya (a) tindakan guru dalam pembelajaran, (b) model pembelajaran yang bervariasi, (c) komunikasi yang dijalin antara siswa dengan siswa dan antara guru dengan siswa, dan (d) kondisi pembelajaran yang diciptakan guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman Teks, Fiksi Siswa, Model Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 19 Dec 2025 07:06
Last Modified: 19 Dec 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33020

Actions (login required)

View Item
View Item