Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Teks Recount Melalui Strategi KWL di kelas X.10 SMA Negeri 4 Mandau, Bengkalis

Yusniati, Yusniati (2012) Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Teks Recount Melalui Strategi KWL di kelas X.10 SMA Negeri 4 Mandau, Bengkalis. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YUSNIATI_51852_6492_2012.pdf] Text
final_2_YUSNIATI_51852_6492_2012.pdf - Published Version

Download (171kB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas, siswa memiliki masalah untuk memahami teks recount yang di pengaruhi oleh beberapa factor, seperti; kesulitan untuk memahami makna kata didalam teks, rendahnya motivasi, dan kurangnya strategi dalam membaca memahami teks yang dibaca dianggap faktor utama yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami teks. Dalam hal ini, peneliti memutuskan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan melakukan penelitian tindakan kelas yang diharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks dan menemukan faktor faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan pada setiap siklusnya melalui Strategi KWL yang mengarahkan siswa untuk memahami teks dengan melakukan prosedur yang ada dalam Strategi KWL. Untuk mengumpulkan data data penelitian ini, peneliti menggunakan instrument,seperti: tes, lembar observasi, dan interview. Hasil dari kemampuan siswa dalam memahami teks recount pada akhir siklus 1 adalah 69,4. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami teks recount, karena KKM (nilai standar minimum) siswa SMA Negeri 4 Mandau untuk mata pelajaran bahasa Inggris hanya 65. Dan pada akhir siklus 2, nilai rata rata siswa meningkat mencapai 75, ini membuktikan bahwa kemampuan siswa dapat meningkat dengan pembelajaran melalui Strategi KWL, selanjutnya perubahan nilai rata rata siswa tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor: (1) partisipasi siswa, (2) penggunaan media, dan (3) peranan guru. Berdasarkan temuan tersebut maka KWL Strategi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks recount pada kelas X.10 SMA Negeri 4 Mandau, Bengkalis.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan siswa dalam Memahami teks recount melalui Strategi KWL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 19 Dec 2025 06:58
Last Modified: 19 Dec 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33011

Actions (login required)

View Item
View Item