Indriani, Selfa (2013) Pengaruh Teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Pemahaman Membaca Siswa pada Prosedure Text dan Motivasi Membaca Kelas XI SMK N 1 Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_SELFA_IDRIANI_19325_6682_2013.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik CIRC terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa pada teks prosedure dan motivasi membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 jurusan otomotive SMK N 1 2012/2013. Sampel diambil dengan menggunakan teknik klaster acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur motivasi membaca dan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman membaca. Data dalam penelitian ini dianalisis secara manual dengan rumus uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi membaca siswa yang diajar dengan menggunakan teknik CIRC lebih baik daripada motivasi membaca siswa yang diajar dengan metode diskusi kelompok kecil dan pemahaman membaca siswa yang diajar menggunakan teknik CIRC lebih baik daripada pemahaman membaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik CIRC dapat memberikan efek yang lebih baik terhadap motivasi membaca dan pemahaman membaca. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa teknik CIRC dapat digunakan sebagai salah satu teknik dalam pengajaran Reading di SMK N 1Padang. Penelitian lainnya disarankan untuk melanjutkan penelitian berkenaan dengan hasil penelitian dengan mengaplikasikan angket motivasi membaca dan tes membaca teks lainnya.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Teknik Cooperative Integrated Reading, Composition (CIRC), Pemahaman Membaca Siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PR English literature |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 06:55 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 06:56 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33005 |
