Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Soal Cerita Pecahan Dengan Menggunakan Pendekatan Polya Di Kelas IV SD Negeri 11 Payakumbuh

Putra, Ananda (2017) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Soal Cerita Pecahan Dengan Menggunakan Pendekatan Polya Di Kelas IV SD Negeri 11 Payakumbuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ANANDA_PUTRA_1104229_2610_2017.pdf] Text
B1_01_ANANDA_PUTRA_1104229_2610_2017.pdf

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran soal cerita yang masih jarang diselesaikan dengan menggunakan langkah- langkah strategi Polya danjarang mengarahkan siswa membuat diketahui, ditanya, dijwab dalam menyelesaikan soal cerita. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa soal cerita di kelas IV SD Negeri 11 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, hasil pengamatan dan refleksi pelaksanaan pembelajaran soal cerita dengan strategi Polya di kelas IV SD Negeri11 Payakumbuh. Subjek penelitian guru kelas yang bertindak sebagai observer dan siswa yang berjumlah 23 orang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 9 siswa laki- laki.Hasil penelitian dari perncanaan RPP memperoleh persentase rata- rata81,43% ( baik ) pada siklus I meningkatkan menjadi 94,50% (sangat baik) padasiklus II. Hasil motivasi siswa 1,99 pada siklus I naik menjadi 2,75 pada siklus II.Hasil belajar siswa 34,78% (kurang) pada siklus I menjadi 73,91 (baik). Proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan polya meningkatkan proses belajar siswa di kelas yaitu pada siklus I sebesar 7,08 dan pada siklus ke-II sebesar 9,89; kemudian siswa terbantu juga dalam menyelesaikan permasalahan soal cerita pada materi pecahan, dari memahami soal, menentukan pertanyaan soal dan menjawab soal. Dapat disimpulkan dengan strategi Polya dapat meningkatkan motivasi, proses belajar dan hasil belajar soal cerita di kelas IV SD Negeri 11 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Soal Cerita; Pecahan; Peningkatan Motivasi; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 30 Jan 2025 01:28
Last Modified: 30 Jan 2025 01:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item
View Item