Zarneli, Elyda (2018) Pengembangan Media Video dengan Menggunakan Aplikasi Ulead Video Studio untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kronologis Siswa SMA. Skripsi.
final_B1_02_ELYDA_ZARNELI_1302068_2961_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran secara maksimal menekankan pada aspek berfikir historis, salah satunya berfikir kronologis. Maka dari itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kronologis siswa yaitu media video dengan menggunakan aplikasi Ulead Video Studio untuk meningkatkan kemampuan berfikir kronologis siswa di kelas XI SMA N 1 Nan Sabaris dengan materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Proses pengembangan media video yang layak dan praktis dengan menggunakan aplikasi Ulead Video Studio untuk meningkatkan kemampuan berfikir kronologis siswa 2) mengungkapkan efektivitas media video dengan menggunakan aplikasi Ulead Video Studio untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Subjek uji coba adalah siswa kelas XI SMAN 1 Nan Sabaris, sedangkan objek uji coba adalah media video dengan menggunakan aplikasi Ulead Video Studio untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk Media Video dengan menggunakan Aplikasi Ulead Video Studio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan dari ahli materi menyatakan media video dengan menggunakan aplikasi ulead video studio sangat layak digunakan dengan analisis data sebesar 4,40 dan 4,55 dengan kategori layak menurut ahli media. Produk penelitian efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa dengan n-gain 0,62 dan dikategorikan sedang. Produk penelitian juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata 4,37 dan 4,40.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Ulead Video Studio, Berpikir Kronologis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 06:43 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 06:44 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32988 |
