Pengembangan Media Blog Interaktif Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Nurhafizah, Arrahmi (2019) Pengembangan Media Blog Interaktif Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_ARRAHMI_NURHAFIZAH_15046086_5477_2019.pdf] Text
final_B1_02_ARRAHMI_NURHAFIZAH_15046086_5477_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Blog Intreraktif Sejarah Indonesia yang valid dan praktis serta proses pengembangan media Blog untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pembelajaran di Era Globalisasi menggunakan beragam media dan multimedia sehingga peran media sangat penting dalam pembelajaran dan perkembangan zaman menuntut perubahan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) dengan menggunakan langkah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. Keterbatasan penelitian hanya dilakukan sampai tahap Implementation, dan karena keterbatasan waktu penelitian subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang berjumlah sebanyak 23 orang siswa, sedangkan objek penelitian adalah media Blog Interaktif Sejarah Indonesia pada materi Sumpah Pemuda. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang diukur menggunakan skala likert. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media, dan dilakukan uji prakitkalitas dari hasil penilaian guru sejarah dan siswa. Proses dalam mengembangkan media Blog Interaktif yaitu pertama mengumpulkan materi dari buku yang relevan sesuai dengan materi pada silabus pembelajaran serta mengumpulkan gambar, selanjutnya membuat akun Blog dengan menggunakan email, langkah selanjutnya yaitu menentukan judul, mendesain fitur, mengatur template, mengisi isi dari fitur. Fitur yang terdapat di Blog Interaktif seperti Beranda, Petunjuk Blog, KI-KD, Materi, Evaluasi, Forum dan Galeri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat hasil pengembangan media Blog Interaktif Sejarah Indonesia sangat praktis berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan rata-rata 3,58 dan penilaian angket ahli media menunjukan rata-rata 3,58. Sedangkan untuk uji praktikalitas media pembelajaran Blog Interaktif oleh guru dan siswa dapat dikategorikan sangat praktis dilihat dari rata rata 3,69 dan 3,37.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif; Pembelajaran Sejarah; Blog Sejarah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 19 Dec 2025 02:55
Last Modified: 19 Dec 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32975

Actions (login required)

View Item
View Item