Badariah, Badariah (2010) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berorientasi Pendekatan CTL. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_BADARIAH_11015_3903_2012.pdf
Download (146kB)
Abstract
Perangkat pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran. KTSP menuntut guru untuk mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat merangsang aktivitas berpikir siswa. Kenyataannya guru umumnya lebih memilih metode ceramah karena ketidakbiasaan membuat dan merancang perangkat pembelajaran sendiri. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran kimia SMA berorientasi pendekatan CTL yang valid dan praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan four-D models. Adapun tahap penelitian meliputi: Tahap define, yaitu menganalisis kurikulum terdiri dari analaisis kebutuhan, analisis siswa dan analisis konsep. Pada tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran. Sedangkan pada tahap develop, rancangan perangkat pembelajaran yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 3 orang pakar dibidang ilmu kimia, media pembelajaran dan strategi pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang telah direvisi berdasarkan saran dan koreksi para pakar kemudian diujicobakan secara terbatas pada 35 orang siswa kelas XI IPA6 SMAN 5 Jambi dan 40 orang siswa kelas XI IPA1 SMAN 8 Jambi. Uji coba bertujuan untuk melihat praktikalitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, sedangkan efektivitas yang diamati adalah hasil belajar yang meliputi ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Tahap disseminate tidak dilakukan. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif untuk memvalidasi perangkat pembelajaran oleh pakar, serta praktikalitas perangkat pembelajaran oleh guru dan siswa. Berdasarkan penilaian dari validator, perangkat pembelajaran dikategorikan rata-rata valid. Sementara nilai praktikalitas berdasarkan pengamatan keterlaksanaan RPP serta respon guru dan siswa dikategorikan rata-rata praktis. Efektivitas dari hasil belajar ranah kognitif siswa di SMAN 5 Jambi dan SMAN 8 Jambi dalam kategori baik dengan ketuntasan klasikal di atas 90 %. Untuk hasil belajar ranah afektif dan psikomotor siswa di SMAN 5 Jambi dan SMAN 8 Jambi termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran kimia SMA berorientasi pendekatan CTL yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif pada kompetensi dasar memahami sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Teknologi Pendidikan Kimia, Perangkat Pembelajaran, Pendekatan CTL |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:58 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 04:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32972 |
