Nikzon, Yuliu (2011) Improving Students’ Reading Comprehension through Collaborative Strategic Reading (CSR) At Grade X.8 of SMA Negeri 10 pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_YULIU_NIKSON_52946_6463_2012.pdf - Published Version
Download (101kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Collaborative Strategic Reading (CSR). Disamping itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat menyebabkan peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan CSR. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan mulai tanggal 14 September sampai dengan 6 Oktober 2011 dalam dua siklus yang mana tiap-tiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas X.8 SMA Negeri 10 Pekanbaru, yang terdiri dari tiga puluh tiga siswa. Dalam penelitian ini, peneliti dibantu oleh dua orang kolaborator untuk mengumpulkan data yang didapat dari tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara pada setiap siklus tersebut. Dari dua siklus yang telah dilakukan pada penelitian ini, dapat ditemukan bahwa penggunaan CSR meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Peningkatannya dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa 79,00 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 89,67 pada siklus 2. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mendukung meningkatnya kemampuan siswa kelas X.8 SMA Negeri 10 Pekanbaru seperti: strategi, pendekatan guru, pengelolaan kelas, dan motivasi siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Improving Students’ Reading Comprehension through Collaborative Strategic Reading |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:28 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:28 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32958 |
