Fermantika, Eka (2012) Penerapan Metode TANDUR pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN12 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EKA FERMANTIKA_86139.pdf
Download (410kB)
Abstract
Pembelajaran matematika diharapkan melibatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam mengalami serta menemukan sendiri konsep pembelajaran. Namun pada kenyataannya, terlihat bahwa aktivitas siswa yang muncul rendah dan cenderung negatif. Selain siswa jarang bertanya, dalam mengerjakan latihan
kebanyakan siswa malas mengerjakannya, sehingga berdampak pada rendahnya hasil berlajar siswa. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong keaktifan belajar siswa
dengan menerapkan kerangka rancangan belajar Quantum Teaching (QT) yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan (TANDUR). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas belajar
siswa dengan menggunakan metode TANDUR dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 12 Padang? (2) Apakah hasil belajar matematika kelompok siswa yang menggunakan metode TANDURlebih baik daripada hasil belajar matematika kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di
SMPN 12 Padang? Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 12 Padang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian adalah kelas VIII
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi
aktivitas dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan Uji Normalitas menggunakan Anderson Darling, Uji Homogenitas menggunakan uji
F dan Uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi, terlihat bahwa selama proses
pembelajaran aktivitas siswa cenderung meningkat dari pertemuan kepertemuan berikutnya. Dari analisis hasil belajar diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Karena P-Value <
, maka disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan kerangka pembelajaran TANDUR lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:12 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32945 |
