Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplokasi Course Lab 2.4 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)

Asri, maizal alvani (2018) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplokasi Course Lab 2.4 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_ALVANI_MAIZAL_ASRI_1306014_2947_2018.pdf] Text
final_B1_02_ALVANI_MAIZAL_ASRI_1306014_2947_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan penggunaan bahan ajar di sekolah yang masih kurang, karena bahan ajar yang sudah ada (LKS dan buku cetak) belum mampu mengkonkretkan peristiwa sejarah dan guru tidak ada memberikan bahan ajar tambahan kepada siswa untuk lebih memudahkan siswa memahami materi sejarah. Salah satu bahan ajar yang dapat lebih mudah memahami materi dan mengkonkretkan peristiwa sejarah adalah dengan bahan ajar interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar interaktif pada mata pelajaran sejarah Indonesia untuk SMA yang layak dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define terdiri dari analisis awal-akhir yaitu memunculkan dan menetapkan masalah dasar penelitian serta solusi yang ditawarkan, analisis siswa yaitu untuk mengetahui karakteristik siswa, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan bahan ajar interaktif dengan menggunakan aplikasi course lab 2.4. Tahap develop dilakukan melalui uji kelayakan oleh dosen ahli dan uji coba produk oleh guru dan siswa kelas X IPS 4 di SMAN 8 Padang. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil penilaian angket kelayakan dan angket kepraktisan (guru dan siswa) terhadap bahan ajar interaktif yang dihasilkan. Penelitian ini telah menghasilkan produk bahan ajar interaktif dengan aplikasi course lab 2.4. Hasil uji validitas/kelayakan produk dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, sedangkan uji coba produk bahan ajar interkatif dilakukan oleh satu orang guru dan 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli materi menyatakan bahan ajar interaktif sangat layak digunakan dengan data rata-rata penilaian sebesar 3,37, sedangkan rata-rata penilaian terhadap bahan ajar diperoleh skor 3,47 dengan kategori sangat layak. Produk penelitian juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata 3,62 dan 3,35.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar interaktif, pembelajaran sejarah, course lab 2.4
Subjects: Hospitality
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:53
Last Modified: 18 Dec 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32936

Actions (login required)

View Item
View Item