Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Conceptual Change Teaching pada Materi Listrik Dinamis Untuk Kelas X SMA

Hidayati, Auliya (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Conceptual Change Teaching pada Materi Listrik Dinamis Untuk Kelas X SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_AULIYA_HIDAYATI_19831_6693_2012.pdf] Text
final_3_AULIYA_HIDAYATI_19831_6693_2012.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang efektif, interaktif, dan menyenangkan. Selain itu, perangkat pembelajaran yang tersedia belum mampu memotivasi siswa untuk lebih aktif dan belajar dengan membangun pengetahuan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model conceptual change teaching yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D. Adapun tahap penelitian adalah pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis konsep. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran berupa RPP, handout, LKS, dan penilaian. Selanjutnya, pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan uji efektivitas. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, angket praktikalitas, dan lembaran observasi. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa RPP, handout, LKS, dan lembar penilaian (kognitif, afektif dan psikomotor) yang dikembangkan sangat valid. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji efektivitas, dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif digunakan karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model conceptual change teaching yang valid, praktis, efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kimia Pendidikan Teknologi
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:21
Last Modified: 18 Dec 2025 01:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32919

Actions (login required)

View Item
View Item