Using Songs to Teach English to Young Learners

Fransischa, Aulia (2015) Using Songs to Teach English to Young Learners. Discussion Paper. Aulia Fransischa.

[thumbnail of final_3_AULIA_FRANSISCHA_1200968_4967_2016.pdf] Text
final_3_AULIA_FRANSISCHA_1200968_4967_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Makalah ini akan membahas tentang penggunaan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak Sekolah Dasar (SD). Lagu-lagu yang digunakan untuk mengajarkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) adalah lagu-lagu yang sering didengar anak-anak. Penggunaan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris ini terlebih dahulu dengan memperkenalkan lirik lagu yang akan dinyanyikan. Lirik yang digunakan disesuaikan dengan topik yang akan diajarkan. Kegiatan menyanyikan lagu dapat diikuti dengan kegiatan lain sesuai dengan topik yang dipelajari dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anak-anak. Terdapat beberapa keuntungan dalam pengajaran bahasa Inggris melalui lagu, yaitu aktifitas di dalam kelas menjadi bervariasi, tidak kaku dan hidup, anak-anak juga menjadi aktif dan lebih percaya diri dalam proses belajar dan lagu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat kata secara mudah dan pengucapan yang baik serta penggunaan lagu sebagai kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris dapat membantu guru untuk membangun aktifitas kelas agar lebih aktif dan menarik.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: Mengajar Bahasa Inggris, Anak-anak, Lagu.
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:09
Last Modified: 18 Dec 2025 01:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32900

Actions (login required)

View Item
View Item