Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X.1 MAN/MAKN Padangpanjang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif.

Khairunnas, Khairunnas (2008) Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X.1 MAN/MAKN Padangpanjang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_KHAIRUNNAS_10829_5500_2012.pdf] Text
final_2_KHAIRUNNAS_10829_5500_2012.pdf

Download (309kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang diajarkan pada tingkat MAN. Berdasarkan observasi dan pengalaman peneliti sebagai guru bahasa Indonesia, ditemukan kesulitan siswa dalam menuangkan ide dalam bentuk karangan eksposisi. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa menulis eksposisi yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Diduga hal ini disebabkan oleh faktor penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Penenlitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis eksposisi siswa dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X.1 MAN/MAKN Padangpanjang dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Subyek penelitian ini siswa kelas X.1 yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus dilakukan tahapan-tahapan pembelajaran: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan, seperti (a) tes unjuk kerja; (b) observasi; (c) catatan lapangan; dan (d) angket. Data penelitian berupa tes unjuk kerja, tindakan guru, tindakan siswa dalam prosese belajar mengajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes unjuk kerja, observasi, pencatatan lapangan, dan angket. Teknik analisis data digunakan analisis data kuantitatif dan kulitatif. Data kualitatif berupa tindakan guru, tindakan siswa, pencatatan lapangan. Data kuantitatif berupa tes unjuk kerja dan angket yang dioleh secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa model pembelajaran generatif dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X.1 MAN/MAKN Koto Baru Padangpanjang. Peningkatan terjadi secara signifikan. Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran generatif juga baik seiring meningkatnya keterampilan menulis eskposisi siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran generatif juga meningkat

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:07
Last Modified: 18 Dec 2025 01:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32894

Actions (login required)

View Item
View Item