RAHAYU, ELSA PUTRI (2017) Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Siswa dengan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_ELSA_PUTRI_RAHAYU_1205942_1771_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kontribusi komunikasi interpersonal guru-siswa dengan motivasi belajar sejarah siswa kelas X Mipa SMAN 2 Painan. Ada pun yang menjadi permasalahan dalam tulisan ini rendahnya motivasi belajar siswa, hal tersebut penyebab salah satunya adalah faktor dari komunikasi interpersonal guru-siswa. Jenis Penelitian ini adalah expos facto (korelasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Painan. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA yang berjumlah 283 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini berdasarkan stratified proposional random sampling (sampel random sederhana). Data hubungan komunikasi interpersonal guru-siswa dengan motivasi belajar siswa di peroleh dari angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa SMAN 2 Painan mempunyai komunikasi interpersonal negatif. 2) siswa mempunyai motivasi yang rendah terhadap mata pelajaran sejarah 3) terdapat hubungan komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji korelasi Rxy = 0.485 dengan a = 0.05 dan r square = 23% (dalam kategori cukup berarti). Jika di bandingkan rxy hitung dengan r tabel maka nilai rxy hitung > rtabel atau 0.485> 0.224, Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi terbukti secara statistik bahwa terdapat hubungan yang signifikan hubungan komunikasi interpersonal guru-siswa dengan motivasi belajar sejarah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan secara umum terdapat hubungan komunikasi interpersonal guru-siswa dengan motivasi belajar sejarah siswa kelas X Mipa SMA Negeri 2 Painan. Guru-Siswa memiliki komunikasi interpersonal yang rendah/tidak baik mengakibatkan motivasi belajar sejarah siswa rendah. Jadi, semakin rendah/tidak baik komunikasi interpersonal guru-siswa maka semakin rendah/tidak baik pula motivasi belajar siswa. Diharapkan kepada guru-siswa sejarah untuk meningkatkan komunikasi interpersonal ke arah yang lebih baik karena ini semua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 01:04 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 01:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32891 |
