Ramita, Yuli (2015) Pengaruh Pengajaran Resiprokal dan Minat Baca terhadap Pemahaman Membaca Mahasiswa Semester III STAIN Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_YULI_RAMITA_3105_2015.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Pemahaman membaca yang rendah terhadap teks beserta komponennya adalah permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa reading III STAIN Kerinci. Strategi yang sesuai untuk pengajaran pemahaman membaca memiliki beberapa variasi. Salah satu variasi strategi pengajaran pemahaman membaca adalah resiprokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana dampak antara dua strategi pengajaran; resiprokal dan konvensional dengan level minat baca mahasiswa. Rancangan penelitian ini ialah faktorial dengan jenis 2x2 disebabkan memiliki dua faktor yaitu strategi pengajaran dan level minat baca. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive. Kelas A dan B merupakan sampel yang didapat. Ada dua instrumen untuk mengumpulkan data yaitu tes untuk pemahaman membaca dan kuisioner untuk pengelompokkan minat baca yang rendah dan tinggi. Statistik parametrik adalah teknik analisa data dengan menggunakan anava dua arah. Empat temuan menunjukkan bahwa strategi pengajaran resiprokal lebih efektif jika dibandingkan strategi pengajaran konvensional terhadap pemahaman membaca mahasiswa. Terdapat interaksi antara dua strategi pengajaran dan level minat baca terhadap pemahaman membaca mahasiswa. Strategi pengajaran resiprokal lebih efektif jika diterapkan pada mahasiswa dengan minat baca yang tinggi, dan pengajaran konvensional lebih efektif jika diterapkan pada mahasiswa dengan minat baca yang rendah
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Resiprokal, Minat Baca, Pemahaman Membaca Mahasiswa |
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 01:00 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 01:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32888 |
