Meningkatkan Kemampuan Menulis Narrative Mahasiswa dengan Menggunakan Collaborative Writing Strategy pada kelas A Semester Tiga di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lancang Kuning

Susilo, Yuherman (2011) Meningkatkan Kemampuan Menulis Narrative Mahasiswa dengan Menggunakan Collaborative Writing Strategy pada kelas A Semester Tiga di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lancang Kuning. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YUHERMAN_SUSILO_93232_3201_2012.pdf] Text
final_2_YUHERMAN_SUSILO_93232_3201_2012.pdf - Published Version

Download (139kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan menulis bahasa Inggris mahasiswa semester tiga jurusan bahasa Inggris universitas Lancang Kuning harus diperbaiki. Salah satu strategy yang digunakan melalui Collaborative Writing Strategy dan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah Collaborative Writing Strategy mampu meningkatkan kemampuan menulis narrative mahasiswa serta mengidentifikasi faktor faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan menulis narrative mahasiswa semester tiga jurusan bahasa inggris universitas Lancang Kuning. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga kelas A yang terdiri dari dua puluh tujuh mahasiswa, dua puluh tiga mahasiswi dan empat mahaiswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan mulai 9 Desember 2010 sampai 29 Januari 2011 dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari lima kali pertemuan. Peneliti dibantu oleh seorang kolaborator dalam mengumpulkan data yang diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, test dan interview. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Collaborative Writing Strategy mampu meningkatkan kemampuan menulis narrative mahasiswa dan juga memberikan pengaruh pada setiap indikatornya yaitu grammar, vocabulary, mechanic, fluency dan form. Lebih jauh lagi Collaborative Writing Strategy juga mampu meningkatkan rasa percaya diri dan partisipasi mahasiswa di dalam kelas. Singkatnya, Collaborative Writing Strategy bias digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis narrative mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Narrative, Collaborative Writing Strategy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 18 Dec 2025 00:50
Last Modified: 18 Dec 2025 00:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32875

Actions (login required)

View Item
View Item