Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Pertiwi 1 Padang dengan Menggunakan Teknik Parafrase Puisi

Rahmi, Ega Aulia (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Pertiwi 1 Padang dengan Menggunakan Teknik Parafrase Puisi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EGA_AULIA_RAHMI_83442_4913_2011.pdf] Text
final_B1_EGA_AULIA_RAHMI_83442_4913_2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X
SMA Pertiwi 1 Padang ditinjau dari unsure penokohan, alur, dan latar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (classroom action research) yang termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan empat tahapan di setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan
dalam dua siklus. 1 Pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama, yaitu tes dan nontes.Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis cerpen, sedangkan
nontes yang berupa lembaran observasi, catatan lapangan, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data penerapan teknik parafrase puisi dalam pembelajaran menulis cerpen. Penganalisisan data dilakukan secara dekriptif-analitis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil menulis cerpen siswa pada prasiklus yaitu tanpa menggunakan teknik parafrase puisi nilai rata-ratanya adalah 58,89. Sedangkan hasil menulis cerpen siswa dengan menggunakan teknik
parafrase puisi pada siklus 1 adalah 77,04 dan pada siklus 2 nlai rata-ratanya adalah 91,11. Dari hasil di atas ternyata memang terdapat peningkatan menulis cerpen siswa dari prasiklus sampai pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:23
Last Modified: 17 Dec 2025 01:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32869

Actions (login required)

View Item
View Item