Solfiana, Yolla (2012) Kontribusi Lembaga Non Formal (BIMBEL) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YOLLA_SOLFIANA_05435_5368_2012.pdf
Download (240kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mendapatkan, mengolah, menganalisis dan membahas tentang pengaruh lembaga non formal terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Painan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan dimensi ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Painan, berjumlah 182 orang. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Slovin, dan untuk menentukan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Proportional Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 66 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sebelum digunakan untuk memperoleh data, angket diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara lembaga non formal (BIMBEL) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Painan, terlihat dari thit = 5,758 > ttab 1,669. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada siswa, keluarga, masyarakat, guru, dan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan cara atau metode dalam proses pembelajaran, dalam upaya untuk lebih memaksimalkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Painan. Serta Bagi Lembaga Bimbingan Belajar supaya mempertahankan ide atau strategi pembelajaran yang inovatif agar dapat membantu terwujudnya hasil belajar geografi yang lebih baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kontribusi Lembaga Non Formal |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:24 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32865 |
