Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Aspek Keuangan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kabupaten 50 Kota

Putri, Yolla Deswana (2015) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Aspek Keuangan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YOLLA_DESWANA_PUTRI_1105266_2635_2015.pdf] Text
final_B1_1_YOLLA_DESWANA_PUTRI_1105266_2635_2015.pdf

Download (400kB)

Abstract

Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam aspek keuangan di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten 50 Kota terindikasi masih kurang terlaksana sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perencanaan keuangan berbasis sekolah, penggunaan keuangan berbasis sekolah, serta evaluasi dan pertanggungjawaban keuangan berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten 50 Kota. Pertanyaan penelitian untuk penelitian ini adalah bagaimanakah: 1) perencanaan keuangan berbasis sekolah, 2) penggunaan keuangan berbasis sekolah, serta 3) evaluasi dan pertanggungjawaban keuangan berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten 50 Kota. Populasi penelitian adalah kepala sekolah, ketua komite, dan seluruh guru yang berstatus PNS yang tersebar di SD Negeri Kabupaten 50 Kota dengan total populasi seluruhnya sebanyak 129 orang. Jumlah sampel adalah 89 orang, dan untuk sampel yang berasal dari guru diambil 50% dari populasi dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket model skala Likert yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya yang hasilnya valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan keuangan berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten 50 Kota sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 3,74, (2) penggunaan keuangan berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten 50 Kota sudah terlaksana dengan cukup baik dengan skor rata-rata 3,42, (3) evaluasi dan pertanggungjawaban keuangan berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten 50 Kota sudah terlaksana dengan cukup baik dengan skor rata-rata 3,37. Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah dalam aspek keuangan di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten 50 Kota sudah terlaksana dengan cukup baik (3,51).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Manajemen, Aspek Keuangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:20
Last Modified: 17 Dec 2025 01:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32856

Actions (login required)

View Item
View Item