Peningkatan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Siswa dengan Menggunakan Model M-A-S-T-E-R pada Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 2 Lubuk Basung

Mulyati, Asrina (2011) Peningkatan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Siswa dengan Menggunakan Model M-A-S-T-E-R pada Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ASRINA_MULYATI_51519_2966_2012.pdf] Text
final_3_ASRINA_MULYATI_51519_2966_2012.pdf

Download (257kB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Lubuk Basung belum memuaskan. Dari data yang ada, siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi lingkaran. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan Model M-A-S-T-E-R. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII3 SMP Negeri 2 Lubuk Basung dengan jumlah siswa 37 orang dengan tingkat kemampuan yang heterogen. Tiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Untuk memperoleh data digunakan empat instrumen yaitu lembar observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi aktivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model M-A-S-T-E-R pada materi lingkaran dapat meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika siswa. Untuk pemahaman konsep, siswa yang tuntas mencapai 81,08% dan untuk kemampuan pemecahan masalah mencapai 78,37%. Aktivitas siswa ikut serta dalam menyelesaikan LKK dan aktivitas siswa berdiskusi (bertanya kepada teman sekelompok) dalam menyelesaikan LKK mencapai kategori baik sekali. Aktivitas siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan aktivitas siswa memberikan komentar atau tanggapan kepada kelompok lain mencapai kategori baik. Aktivitas siswa menyimpulkan materi pelajaran mencapai kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model M-A-S-T-E-R dapat meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII3 SMP Negeri 2 Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:05
Last Modified: 17 Dec 2025 01:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32834

Actions (login required)

View Item
View Item