Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Tterpadu dengan Model Guided Discovery Learning Pada Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 06 Kampung Lapai Padang.

Heriwan, Diki (2022) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Tterpadu dengan Model Guided Discovery Learning Pada Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 06 Kampung Lapai Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DIKI_HERIWAN_19124043_3991_2023.pdf] Text
B1_01_DIKI_HERIWAN_19124043_3991_2023.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa belum terbiasa belajar menemukan sendiri suatu informasi. Dalam kegitan pembelajaran terlihat aktivitas siswa terbatas pada kegiatan mendengarkan penjelasan guru, mencatat materi pembelajaran, menjawab pertanyaan dari guru dan diakhiri dengan mengerjakan latihan. Beberapa orang siswa bahkan menunjukkan sikap enggan terlibat dalam pembelajaran karena guru belum menerapkan pembelajaran yang variatif di kelas sehingga pembelajaran terkesan monoton. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsiskan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu cara dengan menerapkan model Guided discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (class
action research). Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah penulis sebagai praktisi (guru), guru kelas IVB
sebagai observer, dan siswa kelas IVB SDN 06 Kampung Lapai dengan jumlah siswa 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Model analisis data kualitatif adalah data yang didapat di lapangan disesuaikan dengan observer/guru kelas kemudian ditulis dengan rapi, terrinci, serta sistematis setiap selesai mengumpulkan data. Model analisis data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh hasil pengamatan aktivitas pembelajaran, sesuai dengan rumus yang digunakan untuk menghitung aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian menghasilkan peningkatan aktivitas belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model Guided discovery learning di kelas IVB SDN 06 Kampung Lapai Padang terjadi peningkatan sebesar 12% dari siklus I ke II, yaitu dari siklus I pertemuan 1 dengan persentase 69% menjadi 81% pada pertemuan 2 dan meningkat 6% pada siklus II menjadi 87%. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif meningkat 12% dari nilai rata-rata 75% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Pada Aspek sikap siswa mengalami peningkatan sebesar 16% dari nilai rata-rata 71% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Aspek keterampilan siswa
mengalami peningkatan sebesar 15% dari nilai rata-rata 71% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:01
Last Modified: 07 Mar 2025 03:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3282

Actions (login required)

View Item
View Item