Penerapan Teknik Quick on the Draw pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI Elektronika SMKN 5 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012

Winanda, Rara Sandhy (2012) Penerapan Teknik Quick on the Draw pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI Elektronika SMKN 5 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RARA SANDHY WINANDA_83906_2012.pdf] Text
final_B1_1_RARA SANDHY WINANDA_83906_2012.pdf

Download (184kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa berdampak pada rendahnya prestasi siswa di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menyikapi rendahnya kemampuan komunikasi matematis adalah melalui pemilihan teknik pembelajaran yang dapat menciptakan lingkungan agar siswa terlibat aktif dalam kegiatan matematika. Teknik pembelajaran quick on the draw adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan teknik quick on the draw dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional, serta untuk mengetahui aktivitas komunikasi matematis siswa selama pembelajaran menggunakan teknik quick on the draw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif berbentuk pra-eksperimen dengan tujuan untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sedangkan pendekatan kualitatif untuk melihat aktivitas komunikasi matematis siswa saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan teknik quick on the draw. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Eleketronika SMKN 5 Padang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Static Group Comparison. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Elektronika 1 dan XI Elektronika 2 SMKN 5 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan teknik pembelajaran quick on the draw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada taraf signifikansi 0,01. Aktivitas komunikasi matematis siswa secara umum juga mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEKNIK QUICK ON THE DRAW, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 17 Dec 2025 00:57
Last Modified: 17 Dec 2025 00:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32817

Actions (login required)

View Item
View Item