Meizatri, Ranti (2014) Persepsi Guru terhadap Pengelolaan Pendidikan Karakter oleh Kepala Sekolah (Studi pada SMPN Piloting Pendidikan Karakter Kota Pariaman). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RANTI_MEIZATRI_17189_3946_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kota Pariaman yang merupakan SMPN piloting pendidikan karakter Sumatera Barat untuk Kota Pariaman. Peneliti melihat pengelolaan pendidikan karakter di SMPN 1 Kota Pariaman belum seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pendapat guru terhadap pengelolaan pendidikan karakter melalui integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, kegiatan pengembangan diri peserta didik, dan pengembangan budaya sekolah di SMPN piloting pendidikan karakter Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMPN 1 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi (total sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket model skala likert. Uji coba angket dilakukan pada SMPN piloting pendidikan karakter Kabupaten Padang Pariaman. Angket dinyatakan valid dan reliabel dengan perolehan masing-masing rho hitung 0.927 > rho tabel 0.648 dan r hasil 0.907 > r tabel 0.514. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa pengelolaan pendidikan karakter oleh kepala SMPN piloting pendidikan karakter Kota Pariaman belum optimal, terutama pengelolaan pendidikan karakter melalui integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:05 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32804 |
