Habibi, Mhmd (2012) Pengembangan Modul Pecahan Berbasis Konstruktivisme dengan Sisipan Karikatur untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MHMD_HABIBI_19526_6842_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa orang guru
bidang studi matematika Kelas IV Sekolah Dasar, diperoleh informasi bahwa
materi pecahan tidak dapat dipahami secara optimal oleh sebagian siswa. Berbagai
konsep pecahan dinilai sulit diajarkan kepada siswa. Ketidakselarasan antara
kebutuhan belajar dan ketersediaan media menjadi salah satu penyebab utama
materi pecahan sulit diajarkan. Pengembangan sumber belajar yang sesuai dengan
kebutuhan belajar dipandang perlu dilakukan. Penelitian ini difokuskan untuk
menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme dengan
sisipan karikatur yang valid, praktis, dan efektif khusus pada materi pecahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development
research) yang mengacu pada model pengembangan IDI (Instructional
Development Institute). Model ini terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu analisis
pendahuluan (define), pengembangan (develop), dan evaluasi (evaluate). Prototipe
divalidasi oleh ahli teknologi pendidikan, pendidikan matematika, seni rupa, dan
bahasa. Setelah proses validasi, dilakukan uji coba terbatas pada SD 011/XI Desa
Gedang Kota Sungai Penuh. Hasil uji coba kemudian dianalisis dan dievaluasi
untuk melihat keampuhan produk. Analisis praktikalitas dilakukan dengan
mengamati pelaksanaan pembelajaran, penyebaran angket praktikalitas, dan
melakukan wawancara dengan siswa. Uji efektivitas dilakukan dengan mengamati
aktivitas, motivasi, serta tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian
dianalisis secara diskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pecahan berbasis
konstruktivisme dengan sisipan karikatur untuk kelas IV SD berada pada kategori
valid baik ditinjau dari aspek didaktik, konstruk, maupun teknis.
Praktikalitas modul berada pada kategori sangat praktis baik ditinjau dari segi
bentuk, isi, maupun keterpakaian dan keterbacaan modul. Tingkat
keefektivan modul berada pada kategori sangat efektif, karena dengan
menggunaan modul sebagai media belajar dapat meningkatkan aktivitas, motivasi,
dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, modul pecahan berbasis
konstruktivisme dengan sisipan karikatur yang dikembangkan telah valid, praktis,
dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:05 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32791 |
