Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing di Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 8 Padang.

Asra, A (2013) Peningkatan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing di Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 8 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ASRA_1103963_3623_2013.pdf] Text
final_3_ASRA_1103963_3623_2013.pdf

Download (813kB)

Abstract

emukan aktivitas dan motivasi siswa belum optimal, begitu juga hasil belajar siswa belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan motivasi serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas XII IPA 1 SMAN 8 Padang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan 2 siklus pada semester Juli-Desember tahun pelajaran 2012/2013. Data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan test tertulis dan data kualitatif dikumpulkan melalui observasi. Data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil temuan,dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dapat lebih meningkatkan aktifitas dan motivasi hasil belajar siswa serta hasil belajar kelas XII IPA 1 pada mata pelajaran kimia di SMAN 8 Padang. Peningkatan aktivitas siswa tersebut tercermin dari aktivitas guru dan siswa serta aktivitas siswa sesama siswa di dalam kelas. Implikasi dari penelitian Pendekatan Inkuiri Terbimbing perlu dikembangkan dengan baik dengan pertanyaan yang lebih tinggi untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa. Peneliti menyarankan penelitian lanjutan untuk menemukan pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran kimia dengan kelompok dan topik-topik lain.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Inkuiri Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 17 Dec 2025 00:39
Last Modified: 17 Dec 2025 00:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32786

Actions (login required)

View Item
View Item