Kontribusi Supervisi Akademik dan Kecerdasan Emosional terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Syafwaliherisman, Syafwaliherisman (2013) Kontribusi Supervisi Akademik dan Kecerdasan Emosional terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYAFWALIHERISMAN_19700_1525_2013.pdf] Text
final_1_SYAFWALIHERISMAN_19700_1525_2013.pdf

Download (393kB)

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa Kompetensi Pedagogik guru SMA Negeri Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan masih kurang baik. Hal ini diduga ada kaitannya dengan Supervisi Akademik dan Kecerdasan Emosional yang dimiliki oleh guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi Supervisi Akademik dan Kecerdasan Emosional terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan . Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Supervisi Akademik berkontribusi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru, (2) Kecerdasan Emosional berkontribusi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru, (3) Supervisi Akademik dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian berjumlah 54 orang yang diambil dengan teknik Stratified proportional Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata sertifikat pendidik dan status kepegawaian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penilaian dan angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Supervisi Akademik berkontribusi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru sebesar 16,4%, (2) Kecerdasan Emosional berkontribusi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru sebesar 35,7%,(3) Supervisi Akademik dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru sebesar 42,5%. Tingkat capaian skor Kecerdasan Emosional guru berada pada kategori baik dengan skor 81,76% dari skor ideal, sedangkan Kompetensi Pedagogik dan Supervisi Akademik berada pada kategori cukup dengan skor 74,02% dan 72,08% dari skor ideal. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa Supervisi Akademik dan Kecerdasan Emosional adalah dua faktor yang dapat meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru,disamping melalui faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Supervisi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 17 Dec 2025 00:33
Last Modified: 17 Dec 2025 00:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32768

Actions (login required)

View Item
View Item