Anggraini, Wimi (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WIMI_ANGGRAINI_1100813_590_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai. Ketiga, mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/ 2015. Jumlah siswa kelas VII yang terdaftar pada tahun pelajaran tersebut adalah 200 siswa, yang tersebar dalam kelas. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, yaitu penarikan sampel berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas.Sampel penelitian ini adalah sebanyak 38 orang siswa (20 % dari jumlah populasi siswa per kelas). Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus t untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai. Hasil penelitian iniadalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai berada pada kualifikasi lebih dari cukup (75,87%). Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai berada pada kualifikasi lebih dari cukup (70,19%). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Nilai thitung (6,69) lebih besar dari ttabel (2,68) pada derajat kebebasan 37 dan taraf signifikan 95%. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel,yaitu 6,69 > 2,68.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hubungan keterampilan membaca, keterampilan menulis teks deskripsi. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:01 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32747 |
