T, Saur (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas VIII1 SMPN 3 Tanjung Mutiara. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_Saur_T_2780_81226_2017.pdf
Download (758kB)
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII1 SMPN 3 Tanjung Mutiara dalam proses pembelajaran masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah melalui penerapan model pembelajran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( action research ) yang telah dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 SMPN 3 Tanjung Mutiara yang berjumlah sebanyak 28 orang. Instrument yang digunakan untuk mengamati perlakuan dan hasil tindakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II. Pada akhir penelitian aktivitas siswa mencapai kategori baik. Hasil belajar siswa juga meningkat, yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM dari 57,4% pada siklus I menjadi 98,2% pada siklus II. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII1 SMPN 3 Tanjung Mutiara.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Aktivitas, Kooperatif Tipe Jingsaw |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:56 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32740 |
