Afdhal, Yogie (2014) Persepsi Guru tentang Gaya Pengelolaan Konflik oleh Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YOGIE_AFDHAL_11525_492_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di SMP Negeri se-Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman yang menunjukkan kurang efektifnya gaya pengelolaan konflik oleh kepala sekolah dalam mengelola konflik yang ada di sekolahnya. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimanakah persepsi guru tentang gaya pengelolaan konflik oleh kepala sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman yang ditinjau dari gaya: 1) gaya menghindar 2) gaya kompromi, 3) gaya kompetisi, 4) gaya akomodasi, dan 5) gaya kolaborasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang gaya pengelolaan konflik oleh kepala sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, yang ditinjau dari: 1) gaya menghindar, 2) gaya kompromi, 3) gaya kompetisi, 4) gaya akomodasi, dan 5) gaya kolaborasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri se-Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman yang bejumlah 102 orang, dan sampel yang didapat adalah 55 orang dengan menggunakan rumus Croncbach. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala Likert dengan alternatif jawaban yaitu selalu (SL), sering (SR), kadang kadang (KD), jarang (JR), dan tidak pernah (TP) yang telah diujicobakan validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang gaya pengelolaan konflik oleh kepala sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan V Koto Kampung Kabupaten Padang Pariaman dalam yang ditinjau dari : 1) gaya menghindar berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,0, 2) gaya kompromi berada pada ketegori baik dengan skor rata-rata 3,9, 3) gaya kompetisi berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 2,9, 4) gaya akomodasi berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,4, 5) gaya kolaborasi berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,4. Secara keseluruhan persepsi guru tentang gaya pengelolaan konflik oleh kepala sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman berada pada ketegori cukup baik dengan skor rata-rata 3,3.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Persepsi Guru tentang Gaya Pengelolaan Konflik |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 01:55 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 01:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32733 |
