Syafrida, Syafrida (2011) Penerapan Pendekatan Matematika Realistik melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 004 Teratak Air Hitam Kecamatan Benai. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SYAFRIDA_51943_3209_2012.pdf
Download (295kB)
Abstract
Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV SDN 004 Teratak Air Hitam Kecamatan Benai Kabupaten Kuansing masih rendah, sehingga hasil belajarnya belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65, Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 004 Teratak Air Hitam Kecamatan Benai Kabupaten Kuansing pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian digunakan lembar obsevasi yang diisi oleh observer dan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir siklus. Data aktivitas belajar siswa dianalisa dengan dengan menentukan jumlah dan persentase siswa yang terlibat pada setiap pertemuan. Peningkatan hasil belajar dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mengalami penigkatan setelah dilaksanakan tindakan selama dua siklus. Pada akhir siklus kedua siswa yang mau bertanya 81%, yang menyampaikan ide tentang cara memecahkan masalah 65%, yang mau membantu teman yang mendapat kesulitan 81%, siswa yang memperlihatkan kesungguhan dalam mengikuti diskusi 94%, siswa yang mau bekerjasama dalam menyelesaikan masalah 81%, dan siswa yang berperan aktif dalam menyimpulkan pelajaran 80%. Untuk ketuntasan siswa dalam belajar matematika sudah mencapai 84,4%. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realisti melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pendekatan matekmatika, Aktifita siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 01:52 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 01:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32726 |
