Asmawati, Asmawati (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahgaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN di Kecematan Ulakan Tapakis. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ASMAWATI_1203785_5516_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN di kecamatan Ulakan Tapakis. Hal ini diketahuidari observasi yang dilakukan terhadap siswa dan wawancara yang dilakukan kepada beberapa orang guru matematika SMPN di kecamatan Ulakan Tapakis. Untukmengatasimasalahtersebutditerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN di kecamatan Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalahquasiexperiment. Populasi dalam peneltitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN di kecamatan Ulakan Tapakis. Melalui pengambilan sampel acak diperoleh sekolah SMPN 1 Ulakan Tapakis, dimana kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari tes kemampuan awal untuk melihat kemampuan awal siswa sebagaisampeldan tes akhir untuk melihat pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ujit dan uji ANAVA Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: (1) Pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (2) Pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah yang belajar denganpembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Untukmengatasimasalahtersebutditerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 01:59 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 01:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32713 |
