Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N Kecamatan Lembah Gumanti

Husna, Asma (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N Kecamatan Lembah Gumanti. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ASMAUL_HUSNA_1103980_4175_2013.pdf] Text
final_3_ASMAUL_HUSNA_1103980_4175_2013.pdf

Download (350kB)

Abstract

Pemahaman konsep dan komunikasi matematis merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Rendahnya pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa akan mempengaruhi kualitas belajar siswa yang berdampak pada rendahnya prestasi siswa di sekolah. Hal ini juga terjadi di SMP N Lembah Gumanti. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menyikapinya adalah melalui pemilihan strategi pembelajaran yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang membuat siswa terlibat aktif. Strategi pembelajaran Think Talk Write merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N Kecamatan Lembah Gumanti. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 SMP N 3 Lembah Gumanti sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa keseluruhan dan berkemampuan awal rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran TTW lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, komunikasi siswa keseluruhan dan berkemampuan awal tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran TTW lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, pemahaman konsep siswa berkemampuan awal tinggi dan komunikasi siswa berkemampuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran TTW tidak berbeda dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Quasi Experiment.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:11
Last Modified: 16 Dec 2025 01:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32704

Actions (login required)

View Item
View Item