Hubungan Locus of Control dengan Stres Akademik Siswa SMA Negeri 7 Padang.

Limatusadiah, Limatusadiah (2020) Hubungan Locus of Control dengan Stres Akademik Siswa SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LIMATUSADIAH_16006137_94_2021.pdf] Text
final_B1_LIMATUSADIAH_16006137_94_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang penuh potensi dalam menentukankeberhasilan akademik. Potensi yang dimiliki remaja membuat keluarga danlingkungan menaruh harapan tinggi terhadap pendidikan. Pada kenyataannyadalam proses remaja menuntut ilmu terjadi stres akademik dikarenakan pelajarantertentu dirasakan sulit, apalagi pelajaran yang diajarkan oleh pengajar yangditakuti dan tidak disenangi serta jumlah materi pelajaran dirasakan terlalubanyak. Faktor yang mempengaruhi stres akademik adalah karakteristikkepribadian yaitu salah satunya locus of control. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan mengenai locus of control, stres akademik siswa, sertabagaimana hubungan locus of control dengan stres akademik siswa.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan populasisebanyak 1.085 siswa. Penarikan sampel 292 siswa dengan menggunakan rumusslovin. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Stratified RandomSampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket stres akademik siswayang menggunakan skala likert dan inventori locus of control yang menggunakanteknik baku yang telah diadopsi dari Bapak Dr. Marjohan M.Pd., Kons. Datadiolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk mengujihubungan data dianalisis mengunakan rumus Pearson Product Moment denganprogram Statical Product and Service Solution (SPSS) version 20.0.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) locus of control siswamemiliki kecenderungan internal, (2) stres akademik siswa berada pada kategorisedang, (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara locus of controldengan stres akademik siswa di SMA Negeri 7 Padang dengan rtabel sebesar 0,113dan rhitung sebesar 0,224 dengan taraf signifikan 0,000. Jadi semakin rendah skorlocus of control kecenderungan internal siswa maka semakin rendah stresakademiknya. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan guru BK ataukonselor dapat memberikan bantuan berupa layanan-layanan BimbinganKonseling.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LOCUS OF CONTROL, STRES AKADEMIK SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:10
Last Modified: 16 Dec 2025 01:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32702

Actions (login required)

View Item
View Item