Asmardi, Asmardi (2011) Pengaruh Penggunaan Media Audio dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 001 Rumbai Kota Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ASMARDI_10747_3906_2012.pdf
Download (96kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan Media Audio dan Motivasi Belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui empat rumusan masalah: (1) apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio daripada siswa belajar dengan cara konvensional?, (2) apakah siswa yang mempunyai motivasi tinggi dengan menggunakan media audio memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa mempunyai motivasi tinggi belajar dengan cara konvensional?, (3) apakah siswa yang mempunyai motivasi rendah belajar dengan menggunakan media audio memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa mempunyai motivasi rendah belajar dengan cara konvensional?, dan (4) apakah terdapat interaksi antara penggunaan media audio dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia?. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain treatment block. Penelitian ini dilakukan di SDN 001 Rumbai Kota Pekanbaru semester ganjil tahun 2010/2011. Sampel diambil dengan teknik Porposive random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes akhir. Data dianalisis dengan uji t dan analisis varian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Siswa yang belajar berdasarkan media audio memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan cara konvensional. Siswa yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan media audio memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan cara konvensional. Siswa yang memiliki motivasi rendah yang belajar berdasarkan media audio memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi rendah yang belajar dengan cara konvensional. Tidak terdapat interaksi antara media audio dengan motivasi dan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa media audio berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penelitian Quasi Eksperimen Dengan Disain Treatment Block. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 01:05 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 01:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32694 |
