Fatmawati, F (2013) Kontribusi Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Al Huda Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_FATMAWATI_1109799_6103_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jurnal hasil penelitian dan wawancara yang telah peneliti lakukan. Hasil wawancara tersebut mengindikasikan bahwa keterampilan menulis puisi belum seperti yang diharapkan. Fenomena ini diduga ada kaitannya dengan motivasi belajar dan penguasaan kosakata yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan jurnal hasil penelitian, juga dinyatakan bahwa motivasi belajar dan penguasaan kosakata memiliki kontribusi terhadap keterampilan menulis puisi. Bertolak dari permasalahan tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan kontribusi motivasi belajar dan penguasaan kosakata, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Terkait dengan permasalahan dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Metode korelasional ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antarvariabel yang diteliti. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Huda Pekanbaru pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 123 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa dengan menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket, tes objektif, dan tes keterampilan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi PPM, uji korelasi ganda, uji t, uji F dan uji regresi. Untuk mengetahui besarnya kontribusi antarvariabel yang diteliti, digunakan rumus koefisen determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar menulis puisi berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis puisi; (2) penguasaan kosakata berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis puisi; (3) motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis puisi. Motivasi belajar menulis puisi berkontribusi terhadap keterampilan menulis puisi karena motivasi merupakan faktor penggerak siswa untuk lebih tekun, gigih, sabar, bersemangat, bertanggung jawab untuk terampil menulis puisi, sedangkan penguasaan kosakata berkontribusi terhadap keterampilan menulis puisi karena sebuah puisi akan terlihat indah apabila kosakata yang ada di dalamnya mampu mewakili ide, gagasan, pikiran dan perasaan penyairnya. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan penguasaan kosakata baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap keterampilan menulis puisi. Oleh karena itu, semakin tinggi motivasi dan penguasaan kosakata siswa maka semakin tinggi pula keterampilan menulis puisinya.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 01:02 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 01:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32688 |
