Masyhuda, Rusyda (2016) Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Teorema Pythagoras Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP/MTs. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_RUSYDA_MASYHUDI_14205049_2063_2017 MSLH.pdf
Download (1MB)
Abstract
Topik Teorema Pythagoras adalah topik yang mendasar dalam berbagai materi matematika. Namun dari hasil observasi awal, peserta didik kurang memahami konsep Teorema Pythagoras dan belum dapat menggunakannya dengan benar. Salah satu penyebabnya adalah konsep-konsep yang dipelajari peserta didik belum dibangun secara runtun. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran topik Teorema Pythagoras menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk memberi pemahaman tentang topik Teorema Pythagoras dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah design research (penelitian desain) yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, conducting the experiment, dan retrospective analysis. Pada tahap preparing for the experiment dirancang alur belajar yang difokuskan pada pengembangan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik terhadap topik Teorema Pythagoras berdasarkan reviu literatur. Alur belajar yang telah dirancang divalidasi oleh tiga pakar pendidikan matematika dan satu orang pakar Bahasa Indonesia. Pada tahap conducting the experiment dilakukan ujicoba dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan pada kelompok kecil dan siklus kedua dilakukan di kelas VIII.2 MTsN Lubuk Buaya Padang. Data penelitian diperoleh dari rekaman video, catatan lapangan, dokumentasi dari hasil lembar kerja peserta didik dan post-test. Pada tahap retrospective analysis dilakukan evaluasi apakah alur belajar yang sudah dirancang berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Dari penelitian ini telah dihasilkan desain pembelajaran yang memuat Local Instructional Theory (LIT) yang valid, praktis dan efektif. Desain pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari alur belajar topik Teorema Pythagoras. Desain pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid menurut ke-empat validator dengan salah satu karakteristiknya adalah aktivitas-aktivitas yang dirancang dalam alur belajar pada setiap pertemuan sudah mengarah pada penemuan LIT. Desain pembelajaran juga telah memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik adanya kemudahan dalam penggunaan alur belajar dengan pendekatan RME bagi peserta didik dan guru sebagai pengguna. Selain itu desain pembelajaran memenuhi kriteria efektif. Hal ini dilihat dari hasil post-test tentang kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah mengikuti alur belajar menggunakan pendekatan RME pada topik Teorema Pythagoras dengan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 81,25%.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Teorema Pythagoras, Realistic Mathematics Education |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 01:02 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 01:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32686 |
