Sumarni, Leli (2010) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Inkuiri untuk Pencapaian Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Teori Asam Basa dengan Menentukan Sifat Larutan dan Menghitung pH. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_LELI_SUMARNI_11018_3023_2012.pdf
Download (141kB)
Abstract
Dalam KTSP sasaran kegiatan pembelajaran selain untuk memahami konsep dan prinsip keilmuan, juga agar siswa dapat berbuat sesuatu dengan menggunakan konsep dan prinsip keilmuan yang sudah dikuasai. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran haruslah terpusat pada siswa (student centered). Pada kenyataannya pembelajaran yang terpusat pada siswa belum terlaksana secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan sarana dan prasarana serta kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran yang terpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri yang valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dipakai adalah model 4-D (four-D model). Model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Validasi oleh pakar digunakan untuk mengetahui validitas perangkat yang dikembangkan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektivan perangkat. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar observasi, angket dan lembar tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis kualitatif (non statistik) untuk data kualitatif. Berdasarkan data dari lembar validasi diperoleh rata-rata validasi perangkat sebesar 91,8%. Angka ini menunjukkan perangkat yang dikembangkan tergolong sangat valid. Dari data lembar observasi keterlaksanaan RPP dapat diketahui tingkat keterlaksanaan RPP sebesar 89,3%. dan angket respon siswa sebesar 83,7%. Angka ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong sangat praktis. Persentase ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri adalah 86,8%, dan aktivitas yang berhubungan dengan pembelajaran tergolong sering muncul. Berdasarkan analisis data hasil belajar dan observasi aktivitas siswa, perangkat pembelajaran yang dikembangkan tergolong efektif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran Kimia berbasis inkuiri untuk pencapaian kompetensi dasar mendeskripsikan teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH yang dikembangkan sudah valid, praktis, dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Inquiry-Based Learning, Chemistry Learning Materials, Acid–Base Theory, pH Calculation, Instructional Material Development (4-D Model) |
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 09:36 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 09:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32671 |
