Mayasari, Ega (2009) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) bagi Siswa Kelas VII SMPN 26 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EGA MAYASARI 63906-05-09.pdf
Download (98kB)
Abstract
Pembelajaran membaca pemahaman di sekolah menengah pertama bertujuan agar siswa memiliki kegemaran dan keterampilan membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan informasi dan pengamatan awal bahwa pembelajaran membaca pemahaman yang dilaksanakan di kelas VII SMPN 26 Padang terdeteksi belum optimal. Salah satu faktornya adalah penggunaan model pembelajaran membaca yang tidak tepat. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam pembelajaran membaca pemahaman merupakan salah satu alternatif untuk pemecahan masalah pembelajaran membaca pemahaman di Sekolah Menengah Pertama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengembangkan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran membaca pemahaman yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan (penelitian tindakan kelas) yang meliputi: (1) studi pendahuluan, penyusunan rencana tindakan, (2) pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Peneliti bertindak sebagai penyaji/ praktisi dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai pengamat atau kolaborator adalah guru kelas VII SMPN 26 Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran membaca pemahaman, efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari siklus I yaitu rata-rata nilai siswa 72,65 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa 77,26. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.5 SMPN 26 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 09:33 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 09:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32667 |
