Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI 4 SMA Negeri 2 Dumai

Putra, Rizki Aldi (2018) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI 4 SMA Negeri 2 Dumai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah, terutama terjadi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Dumai. Dalam pembelajaran sejarah guru jarang menggunakan model yang tepat dalam belajar sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran sejarah. Untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi siswa tersebut, peneliti menggunakan model TGT dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model TGT dalam proses pembelajaran mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Dumai. Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan masukan bagi guru sejarah terutama di SMA Negeri 2 Dumai dalam meningkatkan minat belajar sejarah bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran sejarah dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Dumai semester Juli – Desember 2017 yang berjumlah 34 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar obervasi yang berbentuk daftar tally yang memuat indikator minat. Hasil penelitian terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran sejarah diolah menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar sejarah siswa dengan menggunakan model TGT dalam pembelajaran sejarah yang dibuktikan dengan meningkatnya 36 (tiga puluh enam) indikator minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Dumai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Sejarah, Model Pembelajaran, TGT, PTK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 15 Dec 2025 09:27
Last Modified: 15 Dec 2025 09:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32661

Actions (login required)

View Item
View Item