Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Rahmawita, Rani (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RANI_RAHMAWITA_1106223_4842_2015.pdf] Text
final_B1_1_RANI_RAHMAWITA_1106223_4842_2015.pdf

Download (574kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan dasar bagi siswa dalam memahami matematika dengan baik agar tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang masih perlu ditingkatkan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi siswa untuk mengembangkan pemahaman konsep dengan baik. Di samping itu, partisipasi atau peran aktif siswa dalam pembelajaran juga masih kurang. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Model TPS merupakan model pembelajaran kelompok yang memberikan banyak waktu dan kesempatan bagi siswa untuk berpikir sendiri serta bekerjasama dengan orang lain yang dapat mengoptimalkan partisipasi siswa baik secara individual maupun klasikal. Terkait dengan uraian tersebut, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menerapkan model TPS lebih baik daripada kemampuan pemahaman kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan sampel kelas VII7 dan kelas VII8. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematika. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model TPS lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 12 Padang untuk taraf nyata α=0,05. Ini berarti bahwa model TPS berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE, PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 15 Dec 2025 09:13
Last Modified: 15 Dec 2025 09:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32648

Actions (login required)

View Item
View Item