Handayani, Risya (2017) Pengembangan Handout Multimedia Interaktif Berbantuan Games dalam Model Discovery Learning pada Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Peserta Didik SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_RISYA_HANDAYANI_15175037_2224_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya critical thinking skills peserta didik disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan di sekolah masih berasal dari penerbit berupa buku ajar dan LKPD, penjabaran masih umum, tidak dicantumkan indikator, tujuan pembelajaran secara jelas, dan belum memperlihatkan langkah-langkah model pembelajaran yang mengarahkan pada aktivitas berpikir. Keadaan ini berdampak pada critical thinking skills peserta didik yang belum memuaskan. Padahal bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang mempengaruhi semua kompetensi peserta didik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang mampu meningkatkan critical thinking skills. Salah satu bahan ajar tersebut adalah Handout multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Handout multimedia interaktif berbantuan games dalam model discovery learning pada materi pengukuran untuk meningkatkan critical thinking skills peserta didik SMA dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah research and development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, Develop, dan dessiminate. Jenis data yang diperoleh berupa validitas, praktikalitas, dan efektivitas Handout multimedia interaktif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar observasi sikap dan keterampilan, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Handout multimedia interaktif telah valid dan praktis dengan perolehan validitas Handout 0,79; validitas LKPD 0,80; praktikalitas menurut angket respon guru baik untuk Handout maupun LKPD dengan perolehan 91,66% dan 91,68%; praktikalitas Handout menurut angket respon peserta didik 84,33% serta LKPD 84,29%. Hasil uji coba juga menunjukkan bahwa Handout multimedia interaktif telah efektif untuk digunakan dengan meningkatnya critical thinking skills peserta didik dari 54,51% hingga menjadi 84,10%. Selanjutnya, pada tahap penyebaran diperoleh hasil bahwa Handout multimedia interaktif efektif dalam meningkatkan critical thinking skills peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan Handout multimedia interaktif berbantuan games dalam model discovery learning pada materi pengukuran untuk meningkatkan critical thinking skills peserta didik SMA memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | 4-D Model, Discovery Learning, Games, Handout, Multimedia Interaktif, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 09:04 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 09:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32638 |
